Home / TNI news / Amankan Simbol Negara, Koramil Gambir Pantau Keamanan Istana Negara

Amankan Simbol Negara, Koramil Gambir Pantau Keamanan Istana Negara

Kodam Jaya – Gambir. Seiring terbitnya fajar di pagi pertama Ramadhan 1439 H, nampak juga semangat baru terpancar dari wajah Babinsa Koramil 04/Gambir Sertu Rudiyanto dan Serda Suyitno. Keduanya tengah mengemban tugas rutin memonitor kediaman Wapres (Wakil Presiden) dan area sekitar Istana Negara, Kamis (17/5/18).

Kegiatan monitoring dua Babinsa ini diawali dengan rutinitas yang dilakukan Sertu Rudiyanto yang kebagian memonitor situasi Jalan Veteran III dan Jalan Medan Merdeka Utara dari pukul 18.00 WIB kemarin hingga pukul 06.00 WIB pagi ini. “Situasi, sudah kami laporkan  dalam keadaan aman dan terkendali,” jelas Sertu Rudiyanto.

Serangkai dengan laporan Sertu Rudiyanto dari jalanan, dari Kediaman Wapres di Bilangan Menteng Jakarta Pusat, Serda Suyitno juga melaporkan situasi aman terkendali. “Wapres sedang bersiap untuk menuju ke kantor,  situasi aman terkendali,” lapor Serda Suyitno.

Itulah sekilas cerita rutinitas para Babinsa Koramil 04/Gambir yang selalu setia mengawasi keamanan Objek Vital Nasional (Obvitnas) di wilayahnya. Tugas-tugas mereka sangat penting karena ikut dalam mengamankan Istana Negara yang merupakan salah satu simbol negara Indonesia sesuai dengan UU No 34 Tahun 2004 pasal 7, tentang Tugas Pokok TNI untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang yaitu mengamankan Presiden dan Wakik Presiden Beserta keluarganya.

Danramil 04/Gambir Mayor Inf Dasim menjelaskan bahwa keamanan Obvitnas terutama Istana Negara dan Istana Wapres merupakan  tanggung jawab besar yang diemban Koramil 04/Gambir. “Tidak ada kata sekedar rutinitas, kami laksanakan setiap tugas dengan kewaspadaan penuh,” jelas Danramil.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan adanya perkembangan situasi belakangan ini, membuat semua pengamanan di berbagai objek vital semakin diperketat. “Kita tidak ingin kewaspadaan menurun dan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” pungkas Danramil.

About contributor

Check Also

Panglima TNI Tinjau Posko Bantuan Gempa Bumi Lombok

Razanews.com,Jakarta.Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.A.P., dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *