Home / Budaya / Batik Banten Kearifan Lokal Yang Sudah Mendunia

Batik Banten Kearifan Lokal Yang Sudah Mendunia

Ir. Uke Kurniawan.SE Direktur PT. Batik Banten

Razanews.com,Jakarta –

Banten memiliki salah satu kerajinan yang bersumber dari kearifan lokal yaitu berupa kain Batik Banten,masyarakat Banten sudah mempunyai tradisi membatik sejak abad 17, dimana kala itu dikenal yang namanya selimut batik atau Simbu.

Sebuah kearifan lokal yang terbenam ‘ dalam – dalam ‘ ditengah puing – puing reruntuhan pusat kejayaan Islam di kesultanan Banten Lama berabad abad yang lalu.

Batik Banten memiliki tampilan warna yang sangat meriah, gabungan dari warna warna pastel yang berkesan ceria namun juga lembut.Batik Banten,batik yang mempunyai ciri khas dan keunikan yang berbeda dari batik – batik daerah lain
Motif Batik Banten merupakan rekonstruksi dari pola hias gerabah dan keramik lokal peninggalan Keraton Kesultanan Banten.

” Perbedaan batik banten dari batik lainnya terletak pada motifnya,motifnya itu di ambil dari benda – benda bersejarah
dan apapun warnanya cenderung abu – abu soft ini yang disukai oleh orang – orang luar,nah ini airnya mengandung zat besi tinggi ” Uke Kurniawan,yang pernah menjabat Wakil Ketua dalam Panitia Peneliti dan Pengembangan Batik Banten tahun 2003.

Uke Kurniawan berhasil menemukenali ragam hias khas Banten menjadi 75 jenis yang sudah dikukuhkan oleh Pemerintah Provinsi pada tanggal 12 Maret 2003 melalui Surat Keputusan Gubernur Banten Nomor 420/SK- RH/III/2003 yang sudah diaplikasikan kedalam 54 design batik sekaligus mendapatkan legitimasi dari lembaga hak intelektual tertinggi di Indonesia tanggal 25 Mei 2004 atas design karya ciptanya melalui Peraturan Menteri Kehakiman RI No.M.01 – HC.03.01./1987 sesuai Undang – Undang Hak Cipta pasal 9.

” Dengan batik Banten saya harap masyarakat Banten bisa dikenal sebagai masyarakat yang lembut dan berbudaya tinggi,” tambah uke

Yang pertama kali mematenkan Batik adalah Batik Banten, Corak dan motif Batik Banten adalah iluminasi dari ragam hias yang telah dikaji Pemerintah Propinsi Banten dalam rangka menemukan kembali ornament motif pada bangunan rumah adat di Banten.

Batik Banten merupakan batik tertua dari semua batik yang ada di Indonesia, bahkan ada yang berusia 8-10 abad.
Batik Banten itu juga sudah masuk di kancah internasional karena ciri khas yang dimilikinya (wn)

Pendiri Batik Banten

BIODATA PENDIRI BATIK BANTEN
Nama : Uke Kurniawan ,
Tempat/ tanggal lahir : Serang , 06 November 1958
Mantan PNS pada Departemen Pekerjaan Umum tahun 1979-1993 
Pengalaman Organisasi : GAPENSI DKI periode 1994- 1998
Komisaris PT. UTHANA GROUP, & PT. BATIK BANTEN MUKARNAS
Pemegang/pemilik HAKI : Batik Banten

 

About contributor

Check Also

Telah Di Buka Chicking Ayam Top Dubay di Plaza Kalibata.

Razanews.com – Jakarta.Grand opening chicking ayam top Dubai telah dibuka yang acaranya di hadiri oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *