Home / Budaya / DESA PANJALU DITETAPKAN SEBAGAI TEMPAT WISATA INDONESIA PADA TAHUN 2004

DESA PANJALU DITETAPKAN SEBAGAI TEMPAT WISATA INDONESIA PADA TAHUN 2004

DESA PANJALU DITETAPKAN SEBAGAI TEMPAT WISATA INDONESIA PADA TAHUN 2004

Razanews.Jakarta

Desa Panjalu di tetapkan menjadi salah satu kawasan objek wisata oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Bulan Maret 2004. Situ panjalu merupakan salah satu Kawasan Objek Wisata Religi yang di padukan dengan kawasan cagar alam dan pemandangan yang asri. Selain itu, adanya adanya pulau di tengah danau atau masarakat panjalu menyebutnya ( Nusa ) dan salah satu adat kebudayaan seperti Upcara Nyangku di kawasan ini menjadi salah satu Daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mana negara.

WARISAN BUDAYA UPACARA ADAT NYANGKU

Di kawasan wisata Situ lengkong Panjalu ini memiliki sebuah tradisi yang hingga kini masih selalu di jaga oleh masarakat panjalu yakni Upacara Adat Nyanku. nyangku di Situ Panjalu Ciamis Prosesi Adat Nyangku.

Upacara Adat Nyangku adalah suatu rangkaian prosesi adat penyucian benda benda pusaka peninggalan Prabu Sanghyang Borosngora dan para Raja serta Bupati kerajaan panjalu yang tersimpan dan terjaga rapi di pesucian Bumi alit. Kata Nyangku ini memiliki arti luas yaitu “Nyaangan Laku” ( menerangi perilaku ). Kalimat pendek itu di Manifeskan masarakat panjalu dalam sebuah upacara adat yang sakral dan unik.

Upacara Adat Nyangku ini biasanya di adakan setiap satu tahun sekali, tepatnya pada bulan Maulud dalam kalender islam pada hari senin atau hari kamis di akhir bulan Maulud. Pada prosesi ini, benda benda pusaka itu di keluarkan dari tempat penyimpananya lalu di kirabkan menuju Nusa Larang situ lengkong panjalu. Sesampainya di Nusa Larang, arak arakan berhenti untuk menbacakan do’a. setelah iu bebda pusaka itu di arak kembali dengan sangat hati hati ke tempat upacara dengan diiringi tetabuhan Gembyung dan teriakan Solawat.

Tradisi Nyanku ini konon telah dilaksanakan sejak jaman pemerintahan Prabu Sanghyang Borosngora di kerajaan panjalu. Sang Prabu menjadikan prosesi ini sebagai salah satu Syiar Islam bagi rakyat panjalu dan sekitarnya. Berperahu di Situ Panjalu Ciamis Berlayar Di Situ Panjalu.

Tempat desa panjalu adalah desa Wisata Religi dan Tradisi adat atau Budaya yang sangat unik, di Kawasan Wisata Situ Panjalu juga terdapat sarana hiburan keluarga seperti Berperahu mengelilingi Pulau kecil di tengah danau, belanja aneka kerajinan tangan dan mencicipi makanan Khas Panjalu. Jadi buat anda yang hobi Traveling atau jalan jalan, jangan lupa sempatkan mampir ke Kawasan Wisata Situ Lengkon Panjalu.(dede)

About admin

Check Also

Kabupaten Kota BanjarMasin Ikut Serta Dalam Pestival Budaya Borneo

Razanews.Jakarta Kota Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Banjarmasin yang dijuluki Kota Seribu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *