Home / Business / Grab jalin kemitraan dengan Rexona melalui GrabGerak: Gerakan sosial sebagai bentuk kepedulian bagi penyandang disabilitas

Grab jalin kemitraan dengan Rexona melalui GrabGerak: Gerakan sosial sebagai bentuk kepedulian bagi penyandang disabilitas

Razanews.com,Jakarta –

Grab, layanan transportasi on-demand dan pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara bersama dengan Rexona, merek deodoran yang percaya ketika semakin Anda bergerak, semakin banyak yang Anda bisa dapatkan dalam kehidupan, meluncurkan GrabGerak, sebuah solusi unik yang pertama kali disediakan untuk mendukung para penyandang disabilitas untuk bergerak dan mendapatkan lebih banyak akses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, Grab juga bermitra dengan Kitabisa.com untuk mendukung Difa Bike, layanan transportasi khusus penyandang disabilitas.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Program Perlindungan dan Layanan Sosial (PPLS) pada tahun 2012, terdapat 3.838.985 penyandang disabilitas yang tinggal di Indonesia[1]. Mereka menghadapi beragam isu mobilitas sehari-hari, seperti trotoar yang dipenuhi pedagang kaki lima, jembatan bagi pejalan kaki tanpa fasilitas elevator, bahkan area khusus penyandang disabilitas yang disalahgunakan oleh para pengemudi transportasi umum. Tak hanya itu, jika dibandingkan antara penyandang disabilitas dengan pemerintah, masyarakat termasuk organisasi sosial yang berfokus pada penyandang disabilitas dan keluarga mereka, kemampuan mereka untuk menangani dan memberikan perawatan memadai bagi penyandang disabilitas berada pada rasio yang mengkhawatirkan, yakni 101:1[2]. Dengan besarnya kesenjangan ini, sektor swasta diharapkan dapat berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan transportasi yang inklusif.

Rexona mengembangkan Gerak, sebuah aplikasi asisten mobilitas suara pertama bagi penyandang disabilitas di Indonesia. Melalui aplikasi mobile ini, hanya cukup dengan berbicara atau chatting, penyandang disabilitas dapat menemukan tempat-tempat ramah disabilitas terdekat dan dapat di antar ke tempat tersebut dengan memesan kendaraan GrabGerak khusus. Rexona percaya bahwa setiap orang harus dapat bergerak dengan bebas, termasuk saudara kita penyandang disabilitas. Sebagai bagian dari kampanye Movement for Movement, Rexona juga mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi lebih banyak dengan berbagi informasi mengenai tempat-tempat ramah disabilitas melalui aplikasi Gerak.

“Mobilitas dan aksesibilitas bukanlah sebuah keistimewaan, namun hak dasar setiap manusia. Kepercayaan inilah yang mendasari konsep dari inisiatif kami. Sebagai platform transportasi terkemuka di Asia Tenggara, inisiatif ini merupakan langkah alamiah bagi kami untuk menjangkau lebih jauh dari apa yang pasar lakukan. GrabGerak adalah proyek kerja sama kami dengan Rexona untuk mendukung para penyandang disabilitas dalam meraih aspirasi dan tujuan hidup mereka. Inisiatif ini merupakan proyek pertama kami untuk menggali lebih dalam semua demografi pelanggan kami dan melayani keragaman ini dengan lebih baik lagi.” ungkap Mediko Azwar, Marketing Director of Grab Indonesia.

Grab bekerja sama dengan Rexona melalui kampanye ‘Movement for Movement’ untuk mendukung mobilitas penyandang disabilitas melalui inisiatif berikut ini:

​ Layanan yang ramah bagi penyandang disabilitas: Grab juga memperkenalkan GrabGerak, layanan terbaru yang dirancang secara khusus bagi penyandang disabilitas dengan mengutamakan aspek keamanan dan kenyamanan.
Armada yang didedikasikan: Grab menyediakan 118 armada GrabCar dengan stiker khusus GrabGerak di Jabodetabek selama dalam tahap uji coba.
Mitra pengemudi yang telah mendapatkan sertifikasi: 118 mitra pengemudi GrabGerak telah melalui proses pelatihan khusus seputar kesetaraan dan layanan bagi penyandang disabilitas, serta pengetahuan mengenai keamanan mendasar yang dilakukan oleh Audisi. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mereka dalam melayani penyandang disabilitas dengan bantuan khusus.
Kampanye bersama dengan Rexona: Kampanye dilakukan dalam aplikasi Gerak milik Rexona,aplikasi Grab dan media sosial kedua belah pihak untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap kampanye ‘Movement for Movement’.
Inisiatif untuk mendukung mobilitas penyandang disabilitas bukanlah sebuah komitmen sesaat bagi Grab. Pada awalnya, Grab memang hanya merupakan platform pemesanan kendaraan sederhana. Namun kini aplikasi Grab telah jauh berkembang dan menjadi semakin ramah bagi penyandang disabilitas. Saran dan masukan dari para penumpang telah menginspirasi Grab untuk mengembangkan aplikasinya agar dapat melayani semakin banyak pengguna. Para engineer dan designer perangkat lunak Grab telah bekerja tanpa lelah dalam mengembangkan beragam fitur baru bagi para penumpang – terutama bagi mereka yang berkebutuhan khusus.

Lebih jauh lagi, Grab juga bermitra dengan Kitabisa.com untuk menggalang donasi bagi Difa Bike, layanan transportasi khusus disabilitas di Yogyakarta. Pengguna layanan Grab dapat berpartisipasi untuk mewujudkan 10 buah sepeda motor 3 roda Difa Bike dengan cara:

​Donasi langsung melalui Kitabisa.com melalui https://kitabisa.com/GrabGerakDifabike​
Melakukan posting terkait dengan semangat gerakan Movement for Movement dan GrabGerak sebanyak-banyaknya dengan tag akun Instagram @grabid serta menggunakan tagar #GrabGerak. Grab akan mendonasikan sejumlah dana untuk sejumlah posting yang terkumpul selama periode penggalangan dana.
Menukarkan poin GrabRewards menjadi donasi mulai 250 poin dengan mengunjungi katalog GrabRewards pada aplikasi Grab (250 poin setara dengan donasi sebesar Rp5.000,-).
GrabGerak akan menjadi layanan baru yang tengah diuji coba di Jabodetabek, melengkapi layanan Grab yang telah tersedia saat ini, seperti GrabCar, GrabBike, GrabHitch (Nebeng), GrabTaxi, GrabFood, dan GrabExpress. Ke depannya, Grab akan terus bekerja sama dengan para mitra untuk meningkatkan layanannya dan memberikan sertifikasi ke lebih banyak mitra pengemudi. “Ini adalah awal bagi perusahaan kami untuk melayani seluruh demografi pelanggan di Asia Tenggara dengan sepenuhnya. Kami akan terus mencari peluang dan meningkatkan layanan kami sehingga semua orang, terlepas dari latar belakang dan kondisi fisiknya, dapat menikmati layanan transportasi terbaik dan meraih aspirasi hidupnya,” tutup Mediko.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Grab dan menjadi agen perubahan, khususnya bagi penyandang disabilitas. Di Unilever, kami percaya bahwa setiap brand sebaiknya memiliki tujuan yang baik (brand with purpose) sehingga mampu memberikan dampak yang baik bagi konsumen. Khususnya bagi Rexona, kami membantu masyarakat untuk semakin bergerak sehingga mampu mendapatkan lebih dalam kehidupan. Kampanye dan kemitraan inovatif dengan Grab memungkinkan kami untuk membantu kelompok masyarakat yang kurang mampu untuk bergerak, yaitu komunitas penyandang disabilitas. Kolaborasi yang diwujudkan lewat aplikasi GrabGerak ini membantu penyandang disabilitas tidak hanya dapat menemukan tempat-tempat yang ramah bagi penyandang disabilitas tetapi mereka juga dapat tiba di sana dengan mudah. Untuk itu, kami berharap hal ini dapat menginspirasi lebih banyak penyandang disabilitas untuk bergerak serta masyarakat luas untuk berkontribusi dalam gerakan ini. Kedepannya, kami memiliki lebih banyak inisiatif seperti Mapathons dan Hackathon di mana semua orang dapat berpartisipasi. Harapan kami adalah inisiatif ini menjadi gerakan sosial yang nyata,” tutur Ira Noviarti, VP Personal Care Unilever Indonesia.(wn)

About contributor

Check Also

Telah Di Buka Chicking Ayam Top Dubay di Plaza Kalibata.

Razanews.com – Jakarta.Grand opening chicking ayam top Dubai telah dibuka yang acaranya di hadiri oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *