Home / hukum / LPSK Mencari Figur Terbaik Bangsa

LPSK Mencari Figur Terbaik Bangsa


Razanews.com,Jakarta- Masa bakti pimpinan Lembaga Pertindungan Saksi dan Korban (LPSK) periode 2013-2018 bakal segera berakhir pada awal Oktober 2018 mendatang. Saat ini, LPSK telah membentuk tim Panitia Seleksi (Pansel) yang bertugas mencari 7 (tujuh) fugur terbaik bangsa untuk meneruskan estafet kepemimpinan LPSK lima tahun ke depan.

Tim Pansel Pimpinan LPSK periode 2018-2023 diketuai profesor ilmu hukum dari Universitas Indonesia Harkristuti Harkrisnowo dengan empat anggota, yang terdiri atas Widyopramono, Zumrotin K Susilo, Y Ambeg Paramarta dan Hendro Witjaksono yang mewakili unsur masyarakat dan pemerintah.

”Pendaftaran segera dibuka dalam waktu dekat (April). Kami mengimbau figur-fngur terbaik bangsa yang memenuhi syarat dan peduli pada perlindungan saksi dan korban. ambil bagian dalam seleksi ini. Tum Pansel memiliki waktu sekitar Iima bulan untuk melaksanakan tahapan seleksi,” kata Harkristuti.

Dia juga meminta partisipasi aktif dari media massa untuk menginformasikan seleksi ini kepada publik sehingga akan banyak figur-figur yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang akan menjadi calon peserta.

Pansel sendiri sudah menyiapkan dan melaksanakan Iangkah-langkah sebagai bagian dari tahapan seieksi pimpinan LPSK. Dari hasil seleksi yang dilakukan, Pansel akan mencari dan menetapkan 21 nama calon pimpinan LPSK untuk diserahkan ke Ketua LPSK yang kemudian akan mengajukan nama-nama itu ke presiden.

Serangkaian tahapan seleksi adalah pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi kemampuan konseptual, debat publik, profile assessment, tes kesehatan dan wawancara. “Targetnya pada akhir Agustus, sudah terpilih nama-nama yang bisa diserahkan kepada Presiden untuk kemudian dipilih di DPR,” ujar dia.

Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai menambahkan, dengan telah terbentuknya tim Pansel, diharapkan seleksi pimpinan LPSK dapat terlaksana tepat waktu dan Semendawai juga mengajak mereka yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti seleksi demi kemajuan LPSK serta memaksimalkan pemenuhan hak saksi dan korban. (Realis,dd)

About admin

Check Also

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 2 Telah Selesai

Razanews.com-Jakarta. Proyek tahap pertama Commercial Operation Date (COD)Gas Turbine (GT) PLN yaitu proyek Pembangkit Listrik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *