Home / Nasional / Menaker Membuat Posko Satgas THR, Untuk Pelayanan Pengaduan

Menaker Membuat Posko Satgas THR, Untuk Pelayanan Pengaduan

 

Razanews.com – Jakarta Untuk mengawal pembayaran THR dari pengusaha kepada pekerja/buruh , kementerian ketenagakerja membuka pos komando satuan tugas (Posko Satgas) THR Idul fitri 2018. Posko Satgas di bentuk untuk mengatasi timbulnya keluhan dalam pelaksanaan pembayaran THR keagamaan.

Kementerian Ketenagakerjaan mengatakan,” Laporkan jika ada perusahaan yang telat atau tidak membayarkan THR kepada Posko Satgas THR. Posko ini efektif bekerja melayani masyarakat mulai hari ini (28 Mei 2018) sampai dengan ( 22 Juni 2018 ) ,” kata M. Hanif Dhakiri Saat Meresmikan Posko Satgas THR.

Menteri Ketenagakerjaan meminta kepada peeusahaan wajib membayarkan THR keagamaan kepada pekerja paling lambat sepekan menjelang perayaan idul fitri 1439 Hijriyah. Menurut Menaker pemberian THR kepada pekerja /buruh sudah di atur dalam peraturan menteri ketenagakerjaan (permenaker) nomer 6 tahun 2016 tentang  THR keagamaan bagi pekerja diperusahaan.

Dia juga mengatakan,”Perusahaan yang terlambat membayarkan THR akan di kenakan denda sebesar 5 persen dari total THR yang harus dibayarkan kepada pekerja / buruhnya untuk peningkatan kesejahteraan pekerja,”terang M. Hanif Dhakiri

Kemudian Menaker menjelaskan kembali,” THR adalah Hak pekerja dan setiap perusahaan harus memberikan hak tersebut kepada karyawan. THR seharusnya sudah termasuk dalam perencanaan keuangan  perusahaan khususnya terkait pengupahan.

” uang gaji satu bulan yang diberikan sebagai tunjangan wajib diberikan setiap perusahaan kepada pekerja paling lambat H-7 lebaran. THR merupakan gaji ke 13 yang di tunggu tunggu bagi setiap pekerja menjelang lebaran,” terang Menaker.

Terkait Posko Satgas THR menurut Hanif ,”  ini tidak hanya menjadi sarana bagi pekerja buruh mengadukan permasalahan THR , namun dapat menjadi rujukan perusahaan untuk berkonsultasi terkait pembayaran THR.

” Pemerintah memfasilitasi posko (pengaduan) baik di pusat dan si daerah melalui dinas tenaga kerja,seperti tahun tahun sebelumnya. Jadi kalau ada aduan  mengenai pembayaran THR terlambat, tidak dibayar itu bisa di proses di posko tersebut,”tutup M. Hanif Dhakiri

Masyarakat yang ingin mengadu bisa datang mengunjungi Posko Satgas THR yang bertempat di Lantai 1 gedung B Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) Kantor Kemnaker, Jalan Jendral Gatot Subroto Kavling 51, Jakarta Selatan, atau bisa menghubungi nomor 021 526 0488 Whatsapp 0822 4661 (Rls,dd)

About contributor

Check Also

3 SD Sekolah Dasar Mengadakan Pawai Kebudayaan

Razanews.com-Jakarta Dalam menyambut peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke 73 ,3 Sekolah tersebut diantaranya SD …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *