Home / Featured / Pelaporan Dugaan Penipuan yang Dilakukan PT ICSCG Ke Polda Tidak Memuaskan bagi Pelapor

Pelaporan Dugaan Penipuan yang Dilakukan PT ICSCG Ke Polda Tidak Memuaskan bagi Pelapor

Jakarta, Razanews.com,- Seorang pembeli unit di tower f no 203 rusunami green park view inisial rws telah melaporkan pengembang pt inten cipta sejati cempaka group (icscg) ke polda metro jaya. Tapi dari hasil laporannya tersebut, di unit harda polda metro jaya yang telah berlangsung selama 1.4 tahun itu  (sep 2015 s/d des 2016)  penyidik efli bustami menyimpulkan bahwa perbuatan pengembang bukanlah merupakan tindak pidana.

Penghentian peyidikan tersebut juga berdasarkan dengan Surat Polisi No: LP/1096/IX/2015 Bareskrim tertanggal 17 September 2015 serta Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan IV Nomor B /4604/IX/2016 Ditreskrimum tertanggal 29 September 2016,tentang Tindak Pidana Penggelapan PPN dalam pasal 372 KUHP dugaan penggelapan ppn 10% sebesar 14 juta atas pembelian rumah unit f 203 yang dilakukan oleh rws pada november 2011 dengan cara cicil bertahap ke pengembang.

Tentu saja hal ini menjadi pertanyaan bagi pelapor karena dari hasil penyidikan direksi pengembang telah mengakui di hadapan penyidik. Bahkan pihak kantor pelayanan pajak pratama cengkareng pun membenarkan bahwa pengembang pt ics hanya menyetorkan ke negara uang ppn 10% atas unit f 203 hanya sebesar 6 juta rupiah saja. Sedangkan sisanya masih ada pada rekening pengembang.

Tak hanya itu saja, sejak dimulainya pemeriksaan, SP2HP yang dikirimkan ke pelapor hanyalah berisi nama-nama yang diperiksa sebagai saksi saja. Pelapor bahkan tidak pernah menerima secara tertulis mengenai hasil pemeriksaan dan hanya menerima laporan secara lisan dari pihak Kepolisian bahwa PPN atas unit F 203 yang disetorkan ke Negara oleh terlapor hanyalah sebesar Rp. 6.000.000,- dan sisanya yang Rp. 8.000.000,- masih ditangan terlapor.

“Harusnya saat kami melaporkan dulu pihak piket SPK menolak laporan jika ini bukan merupakan tindakan pidana sehingga kami tidak menunggu selama 1.4 tahun dan menghabiskan tenaga!” Kata pelapor, Sabtu (4/2/17) melalu massangernya.

Lebih lanjut, pelapor mengharapkan agar pihak Polda Metro Jaya mengirimkan salinan surat Berita Acara Pemeriksaan atas laporan pelapor yang bernomor : LP/1096/IX/2015/Bareskrim tertanggal 17 September 2015 dengan terlapor Teddyi Budianto dan kawan-kawan Direksi PT. ICSCG yang ditangani oleh Efli Bustami Subdit Harda PMJ karena oleh pelapor nantinya akan digunakan untuk materi mengajukan praperadilan.(TP)

About admin

Check Also

Walau Pasangan Cagub 2 Tertempa Isu Kurang Menyenangkan, Namun Warga Menteng Tenggulun Tetap Dukung

Razanews.com,-Warga Menteng Tenggulun, Jakarta Pusat tetap dukung kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *