Home / Daerah / Tangga manik, Lahat yang Penuh Mistis

Tangga manik, Lahat yang Penuh Mistis


Razanews.com, – Wisata Tangga Manik, di tepian Sungai Lematang Desa Tanjung Payang Kecamatan Kota Lahat merupakan tempat wisata berupa aliran air terjun setinggi kurang lebih dua meter ini tidaklah terbentuk secara alami. Jika air terjun identik berada di ketinggian di bawah kaki gunung, air terjun satu ini, merupakan aliran dari sungai kemudian dibuatlah anak tangga bertingkat empat yang selanjutnya dialirkan ke arah tangga yang dibuat hingga akhirnya menyerupai air terjun.
Tangga Manik dulunya dikenal sebagai tempat yang angker, dan tak ada wisatawan yang berani mendekat. kata “Tangga” mengacu pada bentuk bendungan yang memang menyerupai susunan anak tangga empat tingkat. Sedangkan istilah “Manik” berasal dari kata “Manikam”. Istilah “Manikam” berarri tempat berkumpulnya “mahkluk astral”.
Tak hanya angker, dulu tempat ini juga dikenal punya kekuatan magis yang kuat. Sehingga tak satu pun warga yang mau datang ke lokasi tersebut.
bendungan Sungai Lematang telah dibangun pada masa zaman penjajahan Belanda, kemudian di rehab oleh pemda. Selama bendungan dibuat tak satu pun warga yang mau ke lokasi tersebut karena memiliki aura mistik.

Oktober 2017, Karang Taruna desa mempunyai ide untuk dijadikan tempat rekreasi air terjun untuk menarik pengunjung. makin lama akhirnya banyak pengunjung yang datang menikmati wisata lokal ini.
tiket masuk pun tak dikenakan biaya mahal. Dimana untuk anak di bawah 12 tahun tidak dikenakan tarif. Sementara 12 tahun ke atas dikenakan tiket masuk sebesar Rp2.000-Rp5000.

Selain bisa menikmati air terjun, para pengujnung juga bisa menyusuri Sungai Lematang menggunakan ban yang disewa dari petugas. Derasnya air sungai yang mengalir sering pula dijadikan sebagai tempat perosotan yang asyik bagi pengunjung. Namun untuk menikmati wisata Tangga Manik ini pengunjung wajib tetap menjaga kesopanan, menjaga lisan atau pun perbuatan yang tidak baik, tidak boleh membuang sampah, pengunjung juga dilarang mengambil apapun di lokasi Air Terjun Tangga Manik. Contohnya mengambil akar pohon ataupun batu di lokasi. karna aura negatif dan mistis masih kental di area ini. (Ajh)

About admin

Check Also

Didampingi Istri, Wabup Amir Sakib Hadiri Peringatan HUT ke -60 Kab. Kerinci

Kerinci-razanews.com Mewakili Bupati Tanjung Jabung Barat Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib beserta Istri Hj. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *