Home / Daerah / Wakili Bupati, Sekda Hadiri Musrenbang RKPD Provinsi Jambi

Wakili Bupati, Sekda Hadiri Musrenbang RKPD Provinsi Jambi

tanjab barat razanews.com Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. H. Ambok Tuo, MM di dampingi oleh Kepala Bappeda H. Ir. Firdaus Khatab dan serta Kepala Dinas PUPR H. Ir. Andi Nuzul mewakili Bupati Tanjab Barat menghadiri acara Musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) Tingkat Provinsi Jambi di Jambi. Acara tersebut resmi dibuka langsung oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola bertempat di Abadi Convention Center (ACC) Kota Jambi, Kamis (5/4/18).

Sekda Kabupaten Tanjab Barat menyampaikan dalam sambutannya kepada Gubernur Jambi, ada beberapa poin kegiatan yang menurut kami mendesak, diantaranya pembangunan jalan provinsi yang sekarang, diantaranya sungai saren, simpang T, rigit beton parit 10 sialang itu jumlahnya kurang lebih 32 km, dan ini telah ditangani 16 km, yang kedua ada jalan provinsi yaitu dari parit 10 senyerang, simpang 3 tebing tinggi langsung ke simpang kuala dasal ini panjangnya lebih kurang 65 km, jalan ini jalan akses pak, ini sudah sangat mendesak, jalan pelabuhan roro yang dulunya dibangun oleh dana APBN tahun tadi yang diusulkan oleh provinsi sekarang sudah selesai, pelabuhan tersebut sudah berfungsi dan sudah beroperasi dengan pelayaran kuala Tungkal, Dabok-singkep- Batam. Berkaitan dengan jalan itu dari simpang sungai saren arah ke simpang sialang lebih kurang 8 km, kemudian dari simpang sialang menuju pelabuhan roro itu lebih kurang 13,5 km, jadi ukurannya 22 km, nah pemerintah kabupaten telah membuka akses jalan ini, kami mohon karena ini merupakan APBN yang membangun pelabuhan tentunya ini juga harus membuka dari provinsi bahkan nasional, jadi ini sangat mendesak menurut kami pak, ujar Sekda.

Masih Kata Dia, karena jalan kami di kota sebagian rusak karena lalu lalangnya mobil-mobil yang melewati pelabuhan roro ke provinsi jambi, pembangunan jalan provinsi yang dibangun provinsi dari daerah mersam menuju merlung yang panjangnya 85 km tetapi sudah pernah dibangun dan sekarang kondisinya ada 8 km panjangnya sudah diaspal namun sudah rusak juga, namun jalan itu masih juga dilalui oleh pengguna jalan, kami mohon ini bisa diakomodir di APBD Prubahan Provinsi. Untuk itu kepada pak Gubernur dan Kementrian PUPR tentang Jalan dari simpang tuan, batas simpang tuan ke batas kota, perlu kami informasikan dari simpang Tuan sampai ke kota kuala Tungkal itu sudah jalan nasional yang sekarang dari simpang Tuan melewati dua Kabupaten diantaranya Muara Jambi, Tanjab Timur baru sampai ke Kuala Tungkal, pada saat ini kondisi jalannya itu masih banyak jalan yang sempit, perlu diketahui bahwa dari pembangunan yang digunakan dari dana APBN sekarang sudah banyak yang rusak, ini kalau dibiarkan akan menimbulkan kemacetan didalam arus dari pelabuhan roro.

Wacananya jalan ke pelabuhan roro itu kami rencanakan diujungnya itu adalah kawasan parawisata, kawasan parawisata mangrove, yang kemarin sudah dilakukan dan kerja sama antara TNI mariner angkatan laut dengan alumni resimen mahasiswa Indonesia bersama Pemkab Tanjab Barat secara serentak melaksanakan penanaman mangrove di daerah kawasan pangkal babu, jadi ini adalah daerah pengembangan wisata, jadi ketika jalan dari pelabuhan Roro dari simpang sungai saren sialang, sialang menuju pelabuhan roro ini jadi, otomatis kawasan parawisata ini hidup dengan sendirinya pak, tambah Sekda.

Ditempat yang sama, Gubernur Jambi Zumi Zola mengapresiasi acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Provinsi Jambi tahun 2019, dengan tema “Mewujudkan Pembangunan Yang Merata dan Berdaya Saing”.

Zumi Zola mengatakan, komitmen kita tetap membangun infrastruktur yang prioritas, anggaran pembangunan yang besar,8 pada hari ini musrenbang Tingkat provinsi apa yang disampaikan Bupati, Walikota kepada kementrian PUPR sama, sekitar 80 persen kita minta pembangunan infrastruktur, tadi Kabupaten Tanjab Barat minta 20 km jalan, dan Kabupaten lain juga belasan kilo, nah ini tidak mungkin kita bangun dalam serta merta dalam kurun waktu missal dari satu tahun, kenapa, karena anggaran terbatas dan yang kedua ada 11 Kabupaten/ Kota, dan yang ketiga di beberapa titik daerah Kabupaten itu tidak bisa dibangun aspal lagi, itu rigit beton yang nilainya itu bisa berlipat-lipat dari aspal, jadi bantu kami untuk diajukan kepada kami yang mana dulu prioritas, saya sudah berbicara sama pak Bupati / Walikota, kita bukan berbicara satu tahun ini saja, tapi berbicaranya untuk tahun-tahun yang akan datang.

Kita harus fokus untuk itu, bangun dulu misalnya 13 km, tahun depan lanjut supaya berkesinambungan, nanti tinggal Bupati / Walikota juga misalnya di penghujung jalan bisa dibantu jalan ini dengan kabupaten, supaya tidak jalan tersebut tidak putus, dan kami juga melihat dari APBN dari kementrian kami paham yang menjadi kebijakan kementrian, hal ini tetap akan kami coba untuk tindak lanjuti. Alhamdulillah beberapa akses yang diajukan sudah direspon oleh Kementeriandan tentunya kami berharap terus mendapat bantuan termasuk masalah infrastruktur, jelas Gubernur Jambi Zumi Zola.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jambi Zumi Zola, Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar, Bupati/Wakil Bupati Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, Para Pejabat lainnya, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, unsur forkopimda, dan para tamu undangan lainnya. (DN)

 

About admin

Check Also

Jelang Lebaran, Bupati Tanjab Barat Sidak Harga Sembako

Kuala Tungkal, razanews.com– Mendekati Hari Raya Idul Fitri, Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *